Jumat, 21 Januari 2011

KLASIFIKASI NYAMUK

KLASIFIKASI PADA NYAMUK

Nyamuk adalah serangga tergolong dalam ordo Diptera; genera Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antar spesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.
Klasifikasi nyamuk adalah sebagai berikut :
Kingdom : Hewan
Fillum : Arthropoda
Kelas : Serangga (Insecta)
Ordo : Diptera
Famili : Culicidae
Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai “Mosquito”, berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats.
Di antara yang mempunyai kebiasaan menghisap darah manusia. Dalam hal ini nyamukbetinalah yang berperan menghisap darah dan nyamuk jantan bertugas menghisap nectar untuk memenuhi kebutuhannya (Kardinan,2003:4). Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagai kasus burung atau juga reptilian dan amfibi untuk menghisap darah). Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapat protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.
Nyamuk melalui empat tahap yang jelas dalam siklus hidupnya: telur, larva, pupa, dan dewasa. Tempo tiga peringkat pertama bergantung kepada spesies dan suhu. Culex tarsalis bisa menyelesaikan siklus hidupnya dalam tempo 14 hari pada 20°C dan hanya sepuluh hari pada suhu 25°C. Sebagian spesies mempunyai siklus hidup sependek empat hari atau hingga satu bulan.
Kebanyakan kelompok nyamuk modern tidak lagi bergantung kepada racun serangga berbahaya tetapi menjurus kepada organism kusus yang memakan nyamuk, atau menjangkiti mereka dengan penyakit yang membunuh mereka. Hal – hal seperti itu bisa terjadi wlaupun di Kawasan Perlindungan, seperti “Forsyth refuge” dan Scaview Marriott Golf Resort di mana sekawanan nyamuk utama dilaksanakan dan dipantau menggunakan “killifish” dan belut muda. Bagaimanapun, wabah penyakit bawaan nyamuk masih menyebabkan penyemburan dengan bahan kimia yang kurang beracun dibandingkan yang digunakan pada masa lalu.
Capung dewasa dapat memburu dan memakan nyamuk dewasa, terutama nyamuk harimau asia yang terbang pada waktu siang. Penyemburan nyamuk bisa memperburuk keadaan dan meningkatkan populasi nyamuk dalam tempo jangka masa panjang sekiranya penyemburan itu melenyapkan capung dan pemangsa alami yang lain.
Sebagian nyamuk mampu menyebarkan penyakit protozoa seperti malaria, penyakit filaria seperti kaki gajah, dan penyakit bawaan virus seperti demam kuning, demam berdarah dengue, encephalitis, dan virus Nil Barat. Virus Nil Barat disebarkan secara tidak sengaja ke Amerika Serikat pada tahun 1999 dan pada tahun 2003 telah merebak ke seluruh Negara bagian di Amerika Serikat.
Berat nyamuk hanya 2 hingga 2,5 mg. Nyamuk mampu terbang antara 1,5 hingga 2,5 km/jam.

1 komentar: